Sabtu, Februari 09, 2008

Tau nggak sih kalian......

Tahu ngga' selama ini ternyata negara Qta nyumbang hampir sebagian presentase dari global warming lho... :o
Dimulai dari kebakaran yang memakan banyak tumbuhan yang berperan sebagai produsen Oksigen dari proses FOTOSINTESIS-nya.
Seperti yang kita ketahui proses fotosintesis menggunakan peran dari cahaya matahari,air, dan juga yang tak ketinggalan yaitu gas Karbondioksida.
Waaa... ternyata hebat ya tumbuhan itu. :d
Orang yang beriman sadar, bahwa segala sesuatu ini diciptakan Allah agar ia memuji-Nya. Sadar akan hal ini, seseorang yang menyaksikan keindahan kebun ketika sedang berjalan-jalan akan mengagungkan Allah seraya mengatakan, ''Maasyaa Allahu, laa quwwata illaa billaah" (sungguh atas kehendak Allah semua ini terwujud, tiada kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah)'' (QS. Al-Kahfi, 18: 39).

Dari proses fotosintesis Qta bisa lihat bahwa tumbuhan berperan penting dalam menjaga keseimbangan bumi Qta terutama menjaga keseimbangan keberadaan oksigen, karbondioksida. Menurut penelitian karbondioksida saat ini presentasinya bertambah banyak dikarenakan kebakaran yang suaaangat banyak, jumlah tumbuhan kini terus berkurang. Bila hal ini dibiarkan terus udara di bumi akan menjadi udara kotor yang bisa memacu kerusakan pada lapisan ozon yang salah satu penyebabnya adalah efek rumah kaca.
Efek rumah kaca disebabkan karena naiknya konsentrasi gas karbondioksida (CO2) dan gas-gas lainnya di atmosfer.Menurut perkiraan, efek rumah kaca telah meningkatkan suhu bumi rata-rata 1-5°C. Bila kecenderungan peningkatan gas rumah kaca tetap seperti sekarang akan menyebabkan peningkatan pemanasan global antara 1,5-4,5°C sekitar tahun 2030. Dengan meningkatnya konsentrasi gas CO2 di atmosfer, maka akan semakin banyak gelombang panas yang dipantulkan dari permukaan bumi diserap atmosfer. Hal ini akan mengakibatkan suhu permukaan bumi menjadi meningkat.
Udara kotor atau terpopulasi mengandung debu, pasir, jelaga, dan gas berbahaya. Suatu kota kecil dapat menghasilkan lebih dari 5.000 kg polusi udara dalam sehari. Polutan yang lain misalnya ozon, dihasilkan bila gas-gas ini saling bereaksi saat terkena cahaya matahari.
Komposisi udara bersih sangat bervariasi dari satu tempat ke tempat yang lain di seluruh dunia. Rata-rata prosentase (per volume) gas dalam udara bersih dan kering tertera di bawah ini :
Nitrogen 78%
Oksigen 20,8%
Argon 0,9%
Karbon dioksida 0,03%
Gas lain 0,27%
Gas lain meliputi helium, neon, krypton, xenon, hidrogen, dan methan. Udara juga mengandung uap air tetapi jumlahnya bervariasi. Udara kering (misalnya di daerah gurun) mengandung uap air. Udara basah (misal di wilayah hutan tropis) bisa mengandung 6% uap air.
So guys masalahnya now adalah gimana caranya buat ngejaga udara di sekitar kita? :t
jreng jreng..... daaan yang bisa kita lakukan yaitu melakukan penghijauan...
Penghijauan bisa kita lakukan di rumah, sekolah dll
so Guys lakukan penghijauan secepatnya.... Pokoknya ngga' bakalan rugi dech... :D

0 komentar: