Selasa, Februari 26, 2008

Serbaa-Serbii..

Egh.. tmen2 qta dapat informasi baru nich
ternyata g cuma karbondioksida aja yang berbahaya but also Kloroflorokarbon or CFC jga g kalah hebatnya merusak ozon di bumi Qte. Ironisnya Zat ini memiliki sekitar 5000 kali 'efek rumah kaca'dibandingkan dengan CO2. :@
Kalian tau ngga' CfC ntu berasal dari mana?? Coba tengok botol parfum atau hair spray yang kamu gunakan, apakah produk tersebut menggunakan propellant aerosol atau gak? Jika ya, sebaiknya jangan kalian gunakan karena produk itu bisa merusak lapisan ozon. Masalah menipisnya lapisan ozon di stratosfer udah lama dibicarakan para ahli dan pemerhati lingkungan. Bahkan, berbagai kampanye lingkungan hidup yang berisi sosialisasi mengenai perlunya menjaga lapisan ozon telah pula dilakukan, tapi masih banyak aja orang yang belum sadar betapa penting menjaga lapisan ozon itu agar tidak semakin parah....
Menurut Tri Widayati, dari Bidang Atmosfer Kementerian Lingkungan Hidup (LH), selain propellant berbagai senyawa kimia perusak ozon buatan manusia masih juga digunakan, seperti chloroflourcarbon (CFC), halon, metil bromida, dan lain-lain.
Selama bertahun-tahun, senyawa-senyawa kimia tersebut secara luas dipakai untuk berbagai keperluan, seperti sebagai media pendingin di lemari es, alat-alat pendingin ruangan (air conditioner/AC), sebagai blowing agent dalam proses pembuatan foam (busa), sebagai cairan pembersih (solvent), bahan aktif untuk pemadam kebakaran, bahan aktif untuk fumigasi di pergudangan, pra-pengapalan, dan karantina produk-produk pertanian dan kehutanan. Now, pasti dalam pikiran kalian dipenuhi dengan ribuan pertanyaan tentang CFC, iyaaa khan!!!
kalian bisa menjawab itu semua dari artikel di bawah ini.. check this out!!!

Pengertian CFC
CFC adalah klorofluorokarbon, yaitu senyawa-senyawa yang mengandung atom karbon dengan klorin dan fluorin terikat padanya. Dua CFC yang umum adalah:
CFC-11 CCl3F
CFC-12 CCl2F2

Kegunaan CFC
CFC merupakan zat-zat yang tidak mudah terbakar dan tidak terlalu toksik. Dengan demikian zat ini memiliki banyak kegunaan. But efek penggunaannya uugh.. ngeri banget!!!
CFC digunakan sebagai pendingin, bahan bakar untuk aerosol, untuk menghasilkan plastik busa seperti busa polistirena atau poliuretana yang memuai, dan sebagai pelarut untuk pembersihkeringan dan untuk tujuan-tujuan pengeringan minyak. Sayangnya, CFC dapat merusak lapisan ozon. Pada lapisan atmosfir yang tinggi, ikatan C-Cl akan terputus menghasilkan radikal-radikal bebas klorin. Radikal-radikal inilah yang merusak ozon. Satu molekul CFC-11 misalnya, memiliki potensi pemanasan global sekitar 5000 kali lebih besar ketimbang sebuah molekul karbon dioksida.

Zat pengganti CFC
Zat-zat yang digunakan untuk menggantikan CFC ini masih sebagian besar halogenalkana, walaupun alkana-alkana sederhana seperti butana bisa digunakan untuk beberapa tujuan (misalnya, sebagai bahan bakar aerosol).

Hidroklorofluorokarbon, HCFC
Senyawa-senyawa ini adalah senyawa-senyawa karbon yang mengandung hidrogen serta atom-atom halogen. Sebagai contoh: HCFC-22 CHClF2. Formula ini bisa ditentukan berdasarkan angka yang terdapat pada namanya persis seperti penentua formula untuk CFC. Senyawa-senyawa ini memiliki masa aktif yang lebih singkat di atmosfir dibanding CFC, dan banyak diantaranya yang menjadi rusak pada lapisan atmosfir bawah sehingga tidak bereaksi dengan lapisan ozon. HFC-22 hanya memiliki sekitar seperdua puluh dari pengaruh CFC biasa terhadap lapisan ozon.Sekarang dah tau kan kalian!! ;)
Menurut hasil penelitian, satu atom Cl yang terdapat di CFC dapat menguraikan sampai 100.000 senyawa ozon dan bertahan sampai 40-150 tahun di atmosfer. wooowwww.. lama banget yaaa.. Pemakaian CFC yang tinggi memicu penipisan lapisan ozon..

Waa...ngeri banget yaa ternyata, ternyata selama ini yang Qta pakai malah memicu lubangnya lapisan ozon..UUUgh :#
Oww tidak ternyata selama ini Qta pake barang yang memicu lubangnya lapisan ozon..
oww.. tidAAAKKKK!!! :(
Trus apa yang bisa Qta lakuin?? :t

Tindakan yang bisa Qta lakuin saat ini demi memelihara lapisan ozon, misalnya mulai mengurangi atau tidak menggunakan produk-produk rumah tangga yang mengandung zat CFC dll. So guys, yang punya AC di rumah,hair spray and parfum dll pliiiss meminimalkanlah penggunaan barang tersebut.. plisss demi menyelamatkan bumi Qta dan hidup Qta.. :)

0 komentar: